Selamat datang di CaraGampang.Com

Tanda Tanda Hasil Istikhoroh

Minggu, 29 April 20122komentar



Cintahakikiindonesia.blogspot.com -

Bismillah …

Pertanyaan diajukan seorang ikhwan..

Pertanyaan:
" Sehubungan dengan shalat istikhoroh, untuk suatu pekerjaan atau kebutuhan atau suatu hal, apakah disyaratkan menghafal do’a yang ada contohnya dari Nabi Muhammad shalallahu ‘alayhi wasallam (doa istikhoroh) ataukah mungkin boleh membaca tulisan dan dibaca sesudah menunaikan shalat..
Bagaimana (tanda tanda) yang bisa saya ketahui atau rasakan bahwa Allah mununjukkan saya untuk melakukan perbuatan itu atau meninggalkannya?
Saya berharap mendapatkan penjelasannya..

Jawaban:
" Kamu boleh menghafal do’a itu atau membacanya dari tulisan rapi kamu wajib memahami maknanya dan meresapinya dalam hati juga disertai rasa khusyu’ dan benar benar haya memohon kepada Allah semata..
Dan disyari’atkan setelahnya hendaknya engkau meminta nashihat kepada orang yang berilmu, orang yang sering menashihati dan punya pengalaman dien (agama) yang cukup, kapan saja ada kemantapan di hatimu pada salah satu diantara dua perkara itu, itulah tanda bahwa Allah telah memberikan pilihan bagimu dari perkara itu.."
(Lihat Fatwa Lajnah Daimah 10/144)

Tambahan :

DOA SHALAT ISTIKHARAH

Jabir bin Abdillah berkata:
" Ada-lah Rasulullah mengajari kami shalat Istikharah untuk memutuskan segala sesuatu, sebagaimana mengajari surah Al-Qur-an..
Beliau bersabda:
" Apabila seseorang di antara kamu mempunyai rencana untuk mengerjakan sesuatu, hendaknya melakukan shalat sunah (Istikharah) dua rakaat, kemudian baca-lah doa ini:

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ،

وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ،


وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ،


فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ،


وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ،


وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ.


اَللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ


-وَيُسَمَّى حَاجَتَهُ-


خَيْرٌ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ


-أَوْ قَالَ: عَاجِلِهِ وَآجِلِهِ-


فَاقْدُرْهُ لِيْ وَيَسِّرْهُ لِيْ ثُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْهِ،


وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ شَرٌّ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ


-أَوْ قَالَ: عَاجِلِهِ وَآجِلِهِ-


فَاصْرِفْهُ عَنِّيْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ


وَاقْدُرْ لِيَ الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنِيْ بِهِ


" Ya Allah, sesungguhnya aku meminta pilihan yang tepat kepadaMu dengan ilmu pengetahuanMu dan aku mohon kekuasaanMu (untuk mengatasi perso-alanku) dengan kemahakuasaanMu..
Aku mohon kepadaMu sesuatu dari anugerahMu Yang Maha Agung, sesungguhnya Engkau Mahakuasa, sedang aku tidak kuasa, Engkau mengetahui, sedang aku tidak mengetahuinya dan Engkau adalah Maha Mengetahui hal yang ghaib..
Ya Allah, apabila Engkau mengetahui bahwa urusan ini (orang yang mempunyai hajat hendaknya menyebut persoalannya) lebih baik dalam agamaku, dan akibatnya terhadap diriku atau Nabi bersabda: …di dunia atau akhirat sukseskanlah untuk-ku, mudahkan jalannya, kemudian berilah berkah..
Akan tetapi apabila Engkau mengetahui bahwa persoalan ini lebih berbahaya bagiku dalam agama, perekonomian dan akibatnya kepada diriku, maka singkirkan persoalan tersebut, dan jauhkan aku daripadanya, takdirkan kebaikan untukku di mana saja kebaikan itu berada, kemudian berilah kerelaanMu kepadaku "

Tidak menyesal orang yang beristi-kharah kepada Al-Khaliq dan bermusya-warah dengan orang-orang mukmin dan berhati-hati dalam menangani persoalannya. .
Allah Ta’ala berfirman:

"...dan bermusyawarahlah kepada mereka (para sahabat) dalam urusan itu (peperangan, perekonomian, politik dan lain-lain)..
Bila kamu telah membulatkan tekad, bertawakkallah kepada Allah…"
(Ali Imran, 3: 159)
Share this article :

+ komentar + 2 komentar

Assalammualaikum.............
Blog anda sangat bagus,bila anda berkenan,kita saling Follow Blog kita masing2 saja,ini blog saya: http://amwofficial.blogspot.com/

3 Mei 2012 12.07

Syukron Sudah berkunjung.. ^^
Sudah Di Follow..
Silahkan Folback Blog Kami Ya ^^

http://cintahakikiindonesia.blogspot.com/
http://vertical-network.blogspot.com

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan Akhlak Yang Baik, Jika Ada Kekhilafan Maka Perbaikilah Dengan Akhlak Yang Baik, Komentar Yang Buruk Akan Kami Hapus Demi Ketertiban Blog " CINTA HAKIKI "

 
Support : Cara Gampang | Creating Website | Johny Template | Mas Templatea | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Cinta Hakiki - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger